Kamis, 23 Juni 2016

Teori psikologi sigmund freud



TEORI PSIKOLOGI MENURUT SIGMUND FREUD
Menurut teori psikoanalitik Sigmund freud kepribadian terdiri dari tiga elemen. Ketiga unsur kepribadian itu dikenal dengan id, ego, dan superego.
1.      Id
Id adalah satu-satunya komponen kepribadian yang hadir sejak lahir. Aspek kepribadian sepenuhnya sadar dan termasuk dari perilaku naluriah dan primitive. Menurut freud, id adalah sumber energy psikis, sehingga komponen utama kepribadian. Id didorong oleh prinsip kesenangan, yang berusaha untuk kepuasan segera dari semua keinginan dan kebutuhan. Jika kebuttuhan ini tidak puas langsung, hasilnya adalah kecemasan atau ketegangan.
2.      Ego
Ego adalah komponen kepribadian yang bertanggung jawab untuk menangani dengan realitas. Menurut freud, ego berkembang dari id dan memastikan bahwa dorongan dari id dapat dinyatakan dalam cara yang dapat diterima di dunia nyata. Fungsi ego baik pikiran sadar, prasadar, dan tidak sadar.
Ego bekerja berdasarkan prinsip realitas, yang berusaha untuk memuaskan keinginan id dengan cara yang realistis dan sosial yang sesuai. Prinsip realistis beratnya biaya dan manfaat dari suatu tindakan sebelum memutuskan untuk bertindak atas meninggalkan impuls.
Ego juga pelepasan ketegangan yang diciptakan oleh impuls yang tidak terpenuhi melalui proses sekunder, di mana ego mencoba untuk menemukan objek di dunia nyata yang cocok dengan gambaran mental yang diciptakan oleh proses primer id’s.
3.      Superego
Superego adalah aspek kepribadian yang menampung  semua standar internalisasi moral dan cita-cita yang diperoleh dari orang tua dan masyarakat. – kami rasa benar dan salah. Superego memberikan pedoman untuk membuat penilaian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar