Kamis, 23 Juni 2016

BIOGRAFI C. KLUCKHOHN



BIOGRAFI C. KLUCKHOHN

Clyde Kluckhohn (1905–1960) menunjukkan kontribusi ilmu yang didalaminya terkait ilmu sosial dalam pekerjaannya pada etnografi Navajo  dan dalam tulisannya tentang teori pola kebudayaan dan nilai. Dia juga memelopori kajian dalam bidang kebudayaan dan kepribadian, terlibat dalam beberapa penelitian linguistik dan genetika manusia, serta menulis beberapa artikel tentang arkeologi.
Lahir di Le Mars, Lowa, Kluckhohn diadopsi oleh Katherine dan George Wesley Kluckhohn. Dia belajar di Lawrenceville School, New Jersey, kemudian memulai studi sarjananya di Princeton. Masalah kesehatan mengganggu studinya hingga kemudian mempengaruhi karirnya di masa depan . Keluarganya mengirim dia ke sebauh peternakan di New Mexico yang banyak didiami oleh suku Indian Navajo. Kluckhohn mengembangkan minatnya pada suku ini dan mulai mempelajari bahasanya serta mencoba memahami tradisi mereka. Dia sangat tertarik dengan kebudayaan Barat Daya dan orang-orangnya, kemudian melakukan perjalanan ke Rainbow Bridge, dan menerbitkan buku pertamanya To the Foot of the Rainbow (1927) saat berusia 22 tahun. Dia kembali melanjutkan studi sarjananya dengan mendaftar di University of Wisconsin, di mana dia memperoleh gelar A.B. pada tahun 1928. Dia belajar di University of Vienna, di mana ia memperoleh pengalaman dengan psikoanalisis pada tahun 1931-1932. Sejak tahun 1932 hingga 1934 beliau menjadi asisten professor antropologi di University of New Mexico. Dia menyelesaikan pendidikan Ph.D bidang antropologi di Harvard pada tahun 1936. Selama dekade ini, ia menjaga hubungan baik dengan suku Navajo, melakukan perjalanan ke daerah-daerah terpencil di Wild Horse Mesa sebelah selatan Utah, kemudian menulis buku keduanya, Beyond the Rainbow (1933), tentang pengalaman yang telah dikumpulkannya.
Pada tahun 1935 Kluckhohn diterima sebagai instruktur antropologi di Harvard, di mana ia menghabiskan pengabdian karir akademiknya. Dia merupakan salah satu pendiri jurusan Social Relation dan direktur pertama di Russian Research Center di Harvard. Antara 1936 dan 1948, ia menjadi direktur pada “Ramah Project”, yang melibatkan 15 mahasiswa dan kolega dari Harvard hingga menerbitkan banyak monografi dan artikel terkait sebuah komunitas kecil di Ramah, New Mexico. Pada tahun 1949, beliau menjadi pendiri utama dan anggota dari badan penasehat dari “Comparative Study of Values in Five Cultures Project”.
Penelitian Kluckhohn terkait suku Navajo memiliki karakter yang menekankan pada detail etnografi yang dikombinasikan dengan analisis teori yang baik. Beliau adalah pekerja lapangan yang sangat berbakat, ia melanjutkan hubungan dengan suku Navajo yang memberinya pemahaman lebih tentang pola rumit kehidupan mereka yang sulit ditemukan peneliti lain dengan satu atau dua kali investigasi.  Beliau mampu membaca dan memahami tujuh bahasa dan mampu mengembangkan secara bersamaan bidang antropologi, sosiologi, psikologi dan filsafat di Amerika Serikat maupun mancanegara.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar