Kamis, 23 Juni 2016

perkembangan kognitif



Perkembangan kognitif

Kognitif merupakan salah satu aspek penting dari perkembangan peserta didik yang berkaitan langsung dengan proses pembelajaran, dan sangat menentukan keberhasilan mereka disekolah.
Pengertian kognitif
            Istilah cognitive berasal dari kata cognition, yang berarti perolehan, penataan, dan penggunaan pengetahuan. Secara sederana, dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran dan pemechan masalah. Menurut chaplin dalam Dictionary of Psycologhy kognisi adalah konsep umum yang mencakup seluruh bentuk pengenalan, termasuk didalamnya mengamati, menilai, memerhatikan, menyangka, membayangkan, menduga, dan menilai. Sedangkan, menurut Mayers menjelaskan bahwa kognisi merupakan kemampuan membayangkan dan menggambarkan benda atau peristiwa dalam ingatan dan bertindak berdasarkan penggambaran.
Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa kognisi adalah istilah yang digunakan oleh ahli psikologi untuk mnjelaskan semua aktivitas mental yang berhubungan dengan persepsi, pikiran, ingatan, dan pengolahan informasi yang memungkinkan seseorang untuk memperoleh pengetahuan.

Tahap Perkembangan  Kognitif
            Menurut Jean Piaget mengklasifikasikan perkembangan kognitif anak menjadi 4 tahap, antara lain:
1.      Tahap Sensory Motor (berkisar antara usia sejak lahir hingga usia 2 tahun), bayi bergerak dari pergerakan reflex instinktif pada saat lahir sampai permulaan pemikiran simbolis.
2.      Tahap Pre-Operational (berkisar antara 2-7 tahun), anak mulai menunjukkan perkembangan pada gambar dan kata serta adanya peninkatan pemikiran simbolis.
3.      Tahap Concrete Operational (berkisar antara 7-11 tahun), anak mulai berpikir secara logis mengenai hal yang konkrit.
4.      Tahap Formal Operational (berkisar antara 11-15 tahun), remaja berfikir dengan cara yang lebih abstrak, logis, dan idealistis.
Menurut Piaget, perkembangan tahap tersebut merupakan hasil perbaikan dari perkembangan dari tahap sebelumnya. Tahapan perkembangan versi piaget tersebut pada dasarnya hanya merupakan outline(garis besar) yang berhubungan dengan kapasitas kognitif tertentu yang berkembang dalam diri sendiri dari masa ke masa.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar