Kamis, 23 Juni 2016

Macam-macam nilai sosial menurut Prof.Dr.Notonegoro dan Walter G



Macam-macam nilai sosial menurut Prof.Dr.Notonegoro dan Walter G

Nilai sosial dalam sosiologi mempunyai sifat yang abstrak karena nilai tidak dapat dikenali dengan panca indra. Nilai hanya bisa ditangkap melalui benda atau tingkah laku yang mengandung nilai tu sendiri. Nilai yang mengacu pada pertimbangan terhadap tindakan, benda, cara untuk mengambil keputusan apakah seuatu yang bernilai mempunyai nilai kebenran, inah (mempunyai nilai keindahan/esttetik), dan mempunyai nilai religious/ ketuhanan.
a.      Nilai sosial menurut Prof.Dr.Notonegoro

Menurut Prof.Dr.Notonegoro, nilai sosial dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok, anatara lain:
1.      Nilai material, Nilai material adalah segala sesuatu yang berguna bagi jasmani/unsur fisik manusia.
2.      Nilai vital, Nilai vital adalah segala sesuatu yang berguna bagi manusia untuk melakukan suatu kegiatan dan aktivitas.
3.      Nilai kerohanian, Nilai kerohanan adalah segala sesuatu yang berguna bagi batin (rohani) manusia. Nilai kerohanian manusia dibedakan menjadi empat macam, yaitu:
Ø  Nilai kebenaran
Ø  Nilai keindahan
Ø  Nilai moral (kebaikan)
Ø  Niali religius

b.      Nilai sosial menurut Walter G.Everett

Menurut Walter G.Everett, nilai sosial dibagi menjadi lima bagian, yaitu:
1.      Nilai-nilai ekonomi yaitu nilai yang mempunyai hubang dengan system ekonomi. Hal ini berarti nilai-nilai tersebut mengikuti harga pasar.
2.      Nilai-nilai rekreasi yaitu nilai-nilai permainan pada waktu senggang, sehingga memberikan sumbangan untuk menyejahterakan kehidupan maupun memberikan kesegaran jasmani dan rohani.
3.      Nilai-nilai perserikatan yaitu nilai-nilai yang meliputi berbagai bentuk perserikatan manusia dan persahabatan kehidupn keluarga, sampai dengan tingkat internasional.
4.      Nilai-nilai kejasmanian yaitu nilai-nilai yang mempunyai hubungan dengan kondisi jasmani seseorang.
5.      Nilai-nilai watak
6.      yaitu nilai yang meliputi semua tantangan, kesalahan pribadi dan sosial termasuk keadilan, kesediaan menolong, kesukaan pada kebenaran, dan kesediaan mengontrol diri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar